rss

Kamis, 01 Oktober 2009

an-Nawawi Bermanhaj Salafi

Bismillah.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa Imam Nawawi rahimahullah memiliki beberapa penyimpangan dalam hal akidah asma’ wa shifat.

Memang semua orang bisa saja terjerumus dalam kesalahan. Tidak terkecuali an-Nawawi. Namun, salah satu keajaiban takdir Allah ta’ala dan keagungan hikmah-Nya maka Allah akan menuntun hamba-hamba-Nya yang ikhlas mencari kebenaran untuk kembali meniti jalan-Nya yang lurus dan meninggalkan jalan yang menyimpang di akhir hidupnya. Begitulah yang dialami oleh an-Nawawi rahimahullah.

Jangan heran jika ternyata beliau berkeyakinan bahwa Allah itu di atas langit, tidak dimana-mana. Dan jangan kaget juga apabila ternyata beliau pun membantah akidah Asy’ari -suka menta’wil sifat- yang dibuktikan oleh para ulama memang sering beliau nukil dan diamkan di dalam karyanya yang sangat populer Syarh Shahih Muslim, salah satu kitab syarah terbaik yang pernah ada.

Syaikh Masyhur Hasan Salman hafizhahullah telah memberikan penjelasan yang cukup bagus di dalam sebuah ceramahnya tatkala mengkaji Syarah Shahih Muslim dan beliau membawakan bukti sebuah kitab karya an-Nawawi di akhir hidupnya yang menunjukkan bahwa pada asalnya beliau mengikuti manhaj salaf dalam hal akidah asma’ wa shifat. Silahkan mendownload ceramah Syaikh yang sudah dicetak dalam bentuk kitab -berbahasa Arab- tersebut di situs beliau di link berikut ini, semoga bermanfaat…

http://www.mashhoor.net

Untuk mendengarkan rekaman ceramah Syaikh Masyhur silahkan buka link berikut ini

http://www.mashhoor.net/inside/Lessons/m06-4-20.mp3


0 komentar:


Posting Komentar

ist tes upload

Banner Link Islami

Bisnis dan rezeki

pengusaha Photobucket

Pustaka Sunnah

tibyan naba

Blog Archive